https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2021/01/intip-profilku-yuks.html
Berdasarkan Materi yang di sampaikan oleh pemateri malam ini, materi tersebut saya buatkan resume dengan membuat poin - poin yang disampaikan oleh pemateri sesuai dengan materi yang dibawakan yaitu bagaimana membuat resume menjadi sebuah buku.
Pengertian resume
Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman materi. Menurut KBBI resume adalah rangkuman atau ringkasan.
1. Mengumpulkan resume dalam file word
Setiap resume yang kita buat di blog, sebaiknya kita kita simpan juga di file word, sehingga pada saat kita akan membuat buku, maka akan mudah kita mengambil dari file word tersebut.
2. Menentukan tema
Tema yang dimaksud disini adalah resume dengan materi yang sejenis isinya dari beberapa narasumber, hendaknya kita kumpulkan dalam satu bab. Lebih bagus lagi kita buatkan dalam satu file.
3. Membuat TOC (Table Of Content) / Daftar isi
Daftar isi kita susun berdasarkan bab-bab yang sudah terkumpul dengan materi / tema yang sejenis pada pembahasan tema di atas.
4. Mulai mengembangkan TOC
Pegembangan TOC adalah isi dari resume kita. Selingi juga dengan pengalaman pribadi agar bacaan lebih hidup dan membawa pembaca seperti mengalami apa yang kita rasakan.
5. Review, revisi, dan edit naskah
Tahap ini dilakukan ketika proses ketik sudah terselesaikan semuanya. Hindari review, revisi, dan edit ketika kita proses pengetikan karena akan "membuyarkan" ide yang sudah mengalir ketika menulis / mengetik. Review kalimat agar lebih luwes, revisi jika ada kesalahan, dan edit untuk melakukan pembetulan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan ketik dan menyesuaikan ejaan berdasarkan PUEBI.
6. Lengkapi Sinopsis buku
Sinopsis merupakan ringkasan secara umum dari isi buku kita. Sinopsis dibuat untuk menarik perhatian pembaca. Lengkapi dengan kata pengantar dan kata sambutan dari orang-orang terpandang, untuk menambah keyakinan akan buku kita.
7. Kirim ke Penerbit
Jika keenam tahap diatas sudah diselesaikan, naskah siap dikirim ke penerbit. Biasanya membutuhkan waktu 1-2 bulan tergantung antrean di penerbit.
Hal - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Resume jadi Buku
- Buku yang kita buat dari kumpulan resume merupakan true story. Maka yang kita utamakan adalah pengalaman mengikuti setiap pertemuan. Pengalaman berarti kesan dan pendapat pribadi terhadap materi narasumber dihubungkan dengan pengalaman kita.
- Siapkan bab khusus yang membahas awal suka menulis dan pandangan kita mengenai menulis. Kita uraikan bagaimana pandangan kita di awal bahwa menulis itu sulit, tidak ada ide, memulainya dari mana, tidak ada waktu, banyak kesibukan dan lain - lain. Setelah itu ceritakan bagaimana bisa tertarik dengan menulis, bagaimana dapat ide, pengalaman ikut pelatihan menulis dan lain-lain. Dapat juga di uraikan siapa tokoh yang menginspirasi sehingga kita dapat memulai menulis.
- Naskah buku resume, isinya bukan sekedar copy paste materi dari narasumber. Jadi yang perlu diingat resume itu ringkasan jadi yang diambil poin - poin yang dianggap penting saja.
- Resume di blog boleh panjang, tetapi ketika akan dijadikan naskah buku harus dibuat lebih ringkas lagi dengan memilih poin poin yang lebih penting.
- Hal - hal yang perlu diringkas
Maros, 26 Januari 2021
Amiruddin, S.Pd.
Mantap. Terima kasih sudah mengerjakan tugas dengan baik.
BalasHapusOk punya ini..👍
BalasHapusaiip
BalasHapusMantap pak...singkat, padat, dan jelas
BalasHapus
BalasHapusMantap resumenya padat berisi
Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik seperti pak Amiruddin
BalasHapusOke sip resumenya semakin bagus dan sempurna, lanjutkn 👍🙏
BalasHapusBagus resumenya .tetap semangat ya pak.
BalasHapuslengkap, keren dan inspiratif. lanjutkan pak
BalasHapussemangat berkarya, semangat menginspirasi