PEMBELAJARAN 1:
Konsep, Jenis, dan Manfaat Kegiatan Ekonomi
Kreatif
- mengidentifikasi jenis-jenis ekonomi kreatif yang terjadi di lingkungan sekitar kalian,
- menjelaskan konsep ekonomi kreatif dengan bahasa kalian sendiri,
- menganalisis manfaat kegiatan ekonomi kreatif bagi masyarakat pada era Covid-19,
- menyajikan hasil analisis tentang pengaruh wabah Covid-19 terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia dalam bentuk tabel secara kritis yang bermanfaat bagi kalian dalam menumbuhkan sikap kreatif, inovatif dan kepedulian terhadap gejala sosial yang terjadi di sekitar lingkunganmu.
B. Kegiatan Pembelajaran
Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga kegiatan ini menjadi sesuatu yang bernilai manfaat. Senang sekali mengetahui kalian tetap bersemangat melakukan proses belajar. Selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini Covid-19 sedang mewabah.Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun dan mengenakan masker kesehatan/ masker kain. Selanjutnya simaklah petunjuk aktivitas belajar berikut ini!
1. Bandingkan
kedua gambar ilustrasi berikut!
a. Menurut
kalian manakah dari kedua gambar tersebut yang menunjukkan kegiatan ekonomi
kreatif?
b. Apa saja perbedaan kegiatan ekonomi tradisional dengan kegiatan ekonomi kreatif?
c. Apa saja jenis-jenis ekonomi kreatif itu?
d. Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Kreatif, tuliskan dengan bahasa kalian sendiri!
e. Bagaimana pemanfaatan kegiatan ekonomi kreatif bagi masyarakat pada era Covid-19?
2. Siapkan perlengkapan berikut sesuai ketersediaan di tempat kalian(pilih salah satu), lakukan aktivitas sesuai petunjuk!
Tabel 1. Daftar Perlengkapan Pembelajaran
Nama Perlengkapan (sesuai kondisi) |
Aktivitas yang Dilakukan |
Keterangan |
1. Buku Siswa Kelas IX edisi 2018 |
Membaca hal. 159-169 |
|
2. Suplemen PBA |
Membaca
Bahan Bacaan hal. 5 |
|
3.
Gawai, PC, Laptop, Tablet |
Menonton
link video sambil mencatat hal-hal penting |
3. Silakan bertanya secara kritis kepada kakak, saudara, atau orang tua kalian tentang layanan sebuah oshop/ojol yang berbasis ekonomi kreatif pada era Covid-19, kemudian berikan penilaian dengan cara melengkapi tabel berikut :
Tabel 2. Penilaian Platform Ekonomi Kreatif
Nama Oshop/Ojol |
Kualitas Produk/ layanan (1-4) |
Ketepatan layanan (1-4) |
Kenyamanan Transaksi/ Layanan (1-4) |
Harga / Tarip (1-4) |
Kesimpulan/ Penilaian (4-16) |
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat Baik : 4
Baik : 3
Kurang Baik : 2
Buruk : 1
Berdasarkan
data pada tabel tersebut apa saja yang dapat kalian simpulkan?
4. Silakan tuliskan kesimpulan aktivitas belajar yang telah kalian lakukan!
5. Apakah kalian sudah memahami pembelajaran kali ini? Tanyakan pula hal tersebut kepada orang tua/kakak yang membimbing kalian selama melakukan aktivitas pembelajaran!
Bahan Bacaan
1.
2. Pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia.
3. Jenis-jenis Ekonomi Kreatif di Indonesia
Ekonomi kreatif juga memiliki beberapa jenis bisnisnya, berdasarkan buku
“Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025” yang di terbitkan oleh
Departemen Perdagangan Republik Indonesia, yaitu :
a. Periklanan
Bisa berupa iklan tv, radio, brosur, iklan sosial media (e-flyer), spanduk, dan lain-lainnya untuk memasarkan produk atau jasa.
b. Arsitektur
Termasuk desain bangunan dan ruangan untuk kebutuhan sehari-hari seperti desain rumah, kantor, mall, ruko, atau jenis bangunan lainnya.
c. Pasar barang seni
Biasanya, di pasar ini kamu bisa mendapatkan barang-barang hasil karya kerajinan tangan (handicraft), seperti gantungan tas, gelas, tas, kipas tangan dan barang-barang seni lainnya yang sudah dihias oleh pelaku seni.
d. Kerajinan Tangan (handicraft)
Bisa berupa vas bunga, patung, gantungan tas, bantal, baju, sepatu, dan kerajinan lainnya yang dibuat sendiri dengan tangan, tanpa bantuan mesin.
e. Kuliner
Sebagai salah satu industri yang tidak ada habisnya, kuliner juga menyajikan berbagai pilihan menu dengan hiasan dan komposisi yang unik dan lezat untuk dinikmati oleh pelanggan.
f. Design
Bisa berupa desain pakaian (fashion), desain grafis, desain tulisan, logo dan desain lainnya.
g. Fashion
Termasuk seni menghias atau menciptakan pakaian dengan model-model terbaru, termasuk baju, celana, aksesoris, sepatu dan lain sebagainya.
h. Film, video dan fotografi
Film, video, dan fotografi juga termasuk ke dalam ekonomi kreatif, untuk menciptakan cerita dan seni lewat video dan gambar.
i. Musik
Lagu dan nada termasuk ke dalam ekonomi kreatif untuk menciptakan musik terbaru dan beda dari yang sebelumnya.
j. Seni pertunjukan
Seni pertunjukan bisa berupa seni teater panggung atau drama panggung, hingga film atau serial TV.
k. Penerbitan dan percetakan
Kalau kamu suka menulis dan membuat buku atau majalah, berarti kamu juga turut berperan dalam menjalankan ekonomi kreatif.
l. Layanan komputer dan perangkat lunak
Layanan komputer, perangkat lunak (software) dan bahkan website design dan game design juga termasuk ke dalam creative economy ini.
m. Radio dan televisi
Penyiaran radio dan televisi dengan konten-konten unik, menarik dan menghibur juga merupakan jenis ekonomi ini.
n. Riset dan pengembangan
Dengan melakukan riset dan pengembangan, kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif yang baru dan bermanfaat dalam proses kegiatan ekonomi.
Mantapp Pak...bisa di jadikan bahan Referensi 👍🙏🏼
BalasHapussilahkan ibu
BalasHapusMantap, Pak 🙏
BalasHapusMantap, kreatif dan inovatif. Good job 🙏👍
BalasHapusTerima kasih Pak Nana supportnya
HapusMuliyati 9C
BalasHapusSaskia 9c
BalasHapusNurhalisah 9C
BalasHapusEka Putri nur 9c
BalasHapusWahyu9c
HapusAulia Ardi 9C
BalasHapusLisna Maulia 9C
BalasHapusNur Rezky Pratiwi 9c
BalasHapusM.Farel.Ramadhan
BalasHapus9c
BalasHapus9c
BalasHapusM.Farel.Ramadhan
BalasHapusMIH KHAEDAR 9C
BalasHapusMuh mhaedar 9c
BalasHapusNilmawati 9c
BalasHapusHasniati 9c
BalasHapusZahratul Muna Salsabila kelas IXB
BalasHapusADINDA KELAS IXB
BalasHapusReni renata kelas IX.B
BalasHapusST SAHARA 9D
BalasHapusNABILA KELAS 9b
BalasHapusNama : Hikma Sulistiyanti
BalasHapusKelas : IX B
RAEDITYA SIGIT SANJAYA
BalasHapusNayla Tul Hikma 9B
BalasHapusSri Rahayu 9b
BalasHapusHastira 9B
BalasHapusPutri Mutiara Sari 9D
BalasHapusTasya 9D
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusArini 9D
BalasHapusRahmat Hidayat
BalasHapusKelas 9b
NIA RAMADHANI
BalasHapusKLS :IXB
Pratiwi 9D
BalasHapusAyu TriAmina
BalasHapus9B
Arini 9D
BalasHapusNaisya Eka Putri 9A
BalasHapusNur fadillah 9A
BalasHapusSuci Ramadhani 9A
BalasHapusNur asia asis.9A
BalasHapusPutri Ayuni Nasrul 9A
BalasHapusSitti nurfaisah 9A
BalasHapusKurnia 9A
BalasHapusPutri Ayuni Nasrul 9A
BalasHapusAnnisa Galib 9A
BalasHapusNaila satriani 9A
BalasHapussawal 9a
BalasHapusMegawati 9A
BalasHapusSalmah Rusdi 9A
BalasHapusRahayu 9D
BalasHapus