Senin, 25 Januari 2021

Konsep, Jenis, dan Manfaat Kegiatan Ekonomi Kreatif

 

PEMBELAJARAN 1:
Konsep, Jenis, dan Manfaat Kegiatan Ekonomi Kreatif

A. Tujuan Pembelajaran :

Melalui aktivitas belajar mandiri kalian akan dituntun untuk dapat:
  1. mengidentifikasi jenis-jenis ekonomi kreatif yang terjadi di lingkungan sekitar kalian,
  2. menjelaskan konsep ekonomi kreatif dengan bahasa kalian sendiri, 
  3. menganalisis manfaat kegiatan ekonomi kreatif bagi masyarakat pada era Covid-19,
  4. menyajikan hasil analisis tentang pengaruh wabah Covid-19 terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia dalam bentuk tabel secara kritis yang bermanfaat bagi kalian dalam menumbuhkan sikap kreatif, inovatif dan kepedulian terhadap gejala sosial yang terjadi di sekitar lingkunganmu.

B. Kegiatan Pembelajaran 

Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga kegiatan ini menjadi sesuatu yang bernilai manfaat. Senang sekali mengetahui kalian tetap bersemangat melakukan proses belajar. Selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini Covid-19 sedang mewabah.Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun dan mengenakan masker kesehatan/ masker kain. Selanjutnya simaklah petunjuk aktivitas belajar berikut ini!

1.  Bandingkan kedua gambar ilustrasi berikut!



1

2

a.  Menurut kalian manakah dari kedua gambar tersebut yang menunjukkan kegiatan ekonomi kreatif?

b.  Apa saja perbedaan kegiatan ekonomi tradisional dengan kegiatan ekonomi kreatif?

c.  Apa saja jenis-jenis ekonomi kreatif itu?

d.    Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Kreatif, tuliskan dengan bahasa kalian sendiri!

e.  Bagaimana pemanfaatan kegiatan ekonomi kreatif bagi masyarakat pada era Covid-19?


2.  Siapkan perlengkapan berikut sesuai ketersediaan di tempat kalian(pilih salah satu), lakukan aktivitas sesuai petunjuk!

Tabel 1. Daftar Perlengkapan Pembelajaran


Nama Perlengkapan (sesuai kondisi)

Aktivitas yang Dilakukan

Keterangan

1.    Buku Siswa Kelas IX edisi 2018


Membaca hal. 159-169                                    



2.    Suplemen PBA



Membaca Bahan Bacaan hal. 5

3.    Gawai, PC, Laptop, Tablet

Menonton link video sambil mencatat hal-hal penting

https://youtu.be/nXMObTf_IbE

 

   3.  Silakan bertanya secara kritis kepada kakak, saudara, atau orang tua kalian tentang layanan sebuah oshop/ojol yang berbasis ekonomi kreatif pada era Covid-19, kemudian berikan penilaian dengan cara melengkapi tabel berikut :

Tabel 2. Penilaian Platform Ekonomi Kreatif

Nama Oshop/Ojol

Kualitas Produk/ layanan

(1-4)

Ketepatan layanan

(1-4)

Kenyamanan Transaksi/ Layanan

(1-4)

Harga / Tarip

(1-4)

Kesimpulan/ Penilaian

(4-16)

1.     

 

 

 

 

 

2.     

 

 

 

 

 

3.     

 

 

 

 

 

4.     

 

 

 

 

 

5.     

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

Keterangan :        

Sangat Baik         :           4

Baik                    :           3         

Kurang Baik        :           2

Buruk                  :           1

Berdasarkan data pada tabel tersebut apa saja yang dapat kalian simpulkan?


4. Silakan tuliskan kesimpulan aktivitas belajar yang telah kalian lakukan!

5.  Apakah kalian sudah memahami pembelajaran kali ini? Tanyakan pula hal tersebut kepada orang tua/kakak yang membimbing kalian selama melakukan aktivitas pembelajaran!




Bahan Bacaan


1.     Perhatikan peta konsep berikut!

 

 

  Gambar 3. Peta KonsepEkonomiKreatif

2.      Pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia.

3.      Jenis-jenis Ekonomi Kreatif di Indonesia

Ekonomi kreatif juga memiliki beberapa jenis bisnisnya, berdasarkan buku “Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025” yang di terbitkan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia, yaitu :

a.    Periklanan

Bisa berupa iklan tv, radio, brosur, iklan sosial media (e-flyer), spanduk, dan lain-lainnya untuk memasarkan produk atau jasa.

b.    Arsitektur

Termasuk desain bangunan dan ruangan untuk kebutuhan sehari-hari seperti desain rumah, kantor, mall, ruko, atau jenis bangunan lainnya.

c.    Pasar barang seni

Biasanya, di pasar ini kamu bisa mendapatkan barang-barang hasil karya kerajinan tangan (handicraft), seperti gantungan tas, gelas, tas, kipas tangan dan barang-barang seni lainnya yang sudah dihias oleh pelaku seni.

d.    Kerajinan Tangan (handicraft)

Bisa berupa vas bunga, patung, gantungan tas, bantal, baju, sepatu, dan kerajinan lainnya yang dibuat sendiri dengan tangan, tanpa bantuan mesin.

e.    Kuliner

Sebagai salah satu industri yang tidak ada habisnya, kuliner juga menyajikan berbagai pilihan menu dengan hiasan dan komposisi yang unik dan lezat untuk dinikmati oleh pelanggan.

f.     Design

Bisa berupa desain pakaian (fashion), desain grafis, desain tulisan, logo dan desain lainnya.

g.    Fashion

Termasuk seni menghias atau menciptakan pakaian dengan model-model terbaru, termasuk baju, celana, aksesoris, sepatu dan lain sebagainya.

h.    Film, video dan fotografi

Film, video, dan fotografi juga termasuk ke dalam ekonomi kreatif, untuk menciptakan cerita dan seni lewat video dan gambar.

i.      Musik

Lagu dan nada termasuk ke dalam ekonomi kreatif untuk menciptakan musik terbaru dan beda dari yang sebelumnya.

j.      Seni pertunjukan

Seni pertunjukan bisa berupa seni teater panggung atau drama panggung, hingga film atau serial TV.

k.    Penerbitan dan percetakan

Kalau kamu suka menulis dan membuat buku atau majalah, berarti kamu juga turut berperan dalam menjalankan ekonomi kreatif.

l.      Layanan komputer dan perangkat lunak

Layanan komputer, perangkat lunak (software) dan bahkan website design dan game design juga termasuk ke dalam creative economy ini.

m.   Radio dan televisi

Penyiaran radio dan televisi dengan konten-konten unik, menarik dan menghibur juga merupakan jenis ekonomi ini.

n.    Riset dan pengembangan

Dengan melakukan riset dan pengembangan, kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif yang baru dan bermanfaat dalam proses kegiatan ekonomi.





54 komentar:

  1. Mantapp Pak...bisa di jadikan bahan Referensi 👍🙏🏼

    BalasHapus
  2. Mantap, kreatif dan inovatif. Good job 🙏👍

    BalasHapus
  3. Zahratul Muna Salsabila kelas IXB

    BalasHapus
  4. Nama : Hikma Sulistiyanti
    Kelas : IX B

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Geliat Guru Maros dalam memperingati HGN ke 76 Tingkat Kabupaten Maros

HGN 76 Tingkat Kabupaten Maros Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional yang ke 76 yang jatuh pada tanggal 25 November 2021,...