RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP NEGERI 23 SIMBANG
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok/ Sub Materi : Mengembangkan Ekonomi Kreatif berdasarkan
Potensi Wilayah untuk meningkatkan
kesejahteraan
Masyarakat.
Kelas/ Semester :
9 / GENAP
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
Kompetensi Dasar |
IPK |
3.3. Menganalisis ketergantungan antarruang
dilihat dari konsep ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga , pasar)
dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan
ekonomi, pekerjaan , pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. 4.3. Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga , pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi,
pekerjaan , pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. |
IPK Pendukung: - IPK Kunci: 3.3.6. Menganalisis konsep ekonomi
kreatif 3.3.7. menguraikan lingkup industri
kreatif 3.3.8 menguraikan upaya meningkatkan
ekonomi kreatif. IPK Pengayaan: - |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
model Discoveri learning peserta didik
dengan benar dapat:
1.
Menjelaskan
konsep ekonomi kreatif
2.
Menguraikan14
lingkup industri kreatif
3.
Menganalisis
upaya meningkatkan ekonomi kreatif
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
|
Pendahuluan |
1.
Guru mengingatkan kepada peserta didik untuk bersipa siap belajar melalui Whatshaap
Group 2.
Guru
menyampaikan salam kepada peserta didik melalui Whatshapp grup dan mengajak
berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, serta mengecek kehadiran siswa
yang aktif dalam pembelajaran online tersebut. 3.
Guru memberi
motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar dan menjaga
kesehatan ditengah pandemi covid 19. 4.
Guru
menjelaskan aktivitas yang akan di lakukan dan cara pengerjaannya. |
Kegiatan
Inti |
1.
Peserta
didik membaca buku dan membuka blog https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ruang-lingkup-ekonomi-kreatif
yang dikirimkan melalui whatshap group. 2.
Peserta
didik & guru mendiskusikan tentang
Ekonomi Kreatif. 3.
Masing-masing
siswa mengerjakan
Lembar Kerja yang dibagikan guru di WAG dengan panduan pertanyaan yang ada di LK 4.
Peserta
didik bekerja secara kelompok untuk membahas permasalahan dengan mengali
informasi dari berbagai sumbermelalui grup WA 5.
Peserta
didik bersama guru mendiskusikan pekerjaan digrup WA. 6.
Peserta
didik mendapatkan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum
dipahami. 7.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan materi tentang ekonomi kreatif. |
Penutup |
1.
Peserta
didik diminta melakukan refleksi 2.
Guru
memotivasi peserta didik agar tetap semangat belajar di rumah dan selalu
menjaga kesehatan dan menjaga jarak terkait covid 19. 3.
Guru
memberikan tugas pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang |
C.
PENILAIAN :
Penilaian Sikap : Keaktifan siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran online dan disiplin waktu dalam mengerjakan
tugas yang diberikan.
Penilaian Pengetahuan : Tugas tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
Kegiatan pembelajaran online
D. ALAT, MEDIA DAN SUMBER BELAJAR1) Alat :
Smartphone, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis. 2) Media : Internet, Video. 3) Sumber belajar : Buku Guru dan Buku
Siswa kelas IX. SMP/MTs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia 2018. Media Masa cetak maupun media online
Maros, Januari
2021
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
H. Hamzah,
S.Pd.,M.Si. Amiruddin, S.Pd.
NIP. 19641231 198411 1 032 NIP. 19760810 200701 1 013
Lampiran : 1. Lembar Kerja
LEMBAR KERJA SISWA
Silahkan
buka link blog berikut ;tentang ekonomi
kreatif .
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ruang-lingkup-ekonomi-kreatif
Baca materi di buku tentang ekonomi
kreatif .
A.
Berdasarkan blog dan
buku yang sudah dibaca, kerjakanlah soal di bawah ini:
1. Apa yang dimaksud ekonomi kreatif ?
2. Jelaskan lingkup industri kreatif?
3. Jelaskan upaya meningkatkan ekonomi
kreatif.
B.Jawaban
di buat di buku tulis masing masing kemudian di
kirim melalui Whatshaap grup atau melalui google classroom
C.
guru akanmenanggapi jawaban peserta didik.
Selamat bekerja
Mantap Pak...bisa dipakai sebagai referensi buat guru2 IPS 👍
BalasHapus