4 Rahasia PJJ yang Menyenangkan ala Munif Chatib
Pandemi
covid-19 telah merubah model pembelajaran yang terjadi di seluruh tingkatan
pendidikan, mulai dari TK sampai perguruan tinggi melakukan pembelajaran jarak
jauh (PJJ). Salah satu model pembelajaran jarak jauh adalah model daring. Mulai
bulan Maret 2020 telah dilaksanakan PJJ, guru dan siswa menghadapi kondisi yang
tidak biasa, namun mau tidak mau harus dihadapi kondisi tersebut, siswa belajar
dari rumah.
Banyak
kendala yang dihadapi selama pelaksanaan PJJ, baik di siswa, guru, kepala
sekolah sampai pada orang tua. Apalagi kondisi saat ini siswa sudah berada di
tingkat kebosanan yang tinggi , begitu pun dengan guru dan orang tua sebenarnya
sudah mengalami kejenuhan menghadapai kondisi saat ini. Tapi pembelajaran tidak
boleh berhenti, guru harus tetap mendidik dan mengajar anak bangsa, begitupun
siswa harus tetap belajar demi masa depan mereka.
Menurut
Survey KPAI 77% siswa tidak bahagia mengikuti PJJ. Hal ini menjadi
tantanganbagi guru untuk mencari upaya agar pembelajaran menjadi menyenagkan
bagi para siswanya. Kunci belajar menyenangkan adalah memuaskan otak reptil.
Pada dasarnya otak manusia terdiri dari tiga bagian (the triune brain),
yaitu: reptil (memuaskan), limbic (emosi), dan neocortec
(berpikir). Jika reptil terpuaskan maka untuk berpikir mudah. Pada
saat PJJ banyak guru tidak memuaskan reptil , guru langsung
menyentuh ke neocortec (berpikir) dengan memberikan materi dan tugas. Hal ini
membuat peserta didik merasa terbebani dan bosan.
Ketika
mengajar apa yang harus dilakukan agar otak reptil puas? Inilah Rahasia Belajar
Bermakna Memuaskan Otak Reptil.
Joyful
learning/fresh
hal ini bisa
dilakukan dengan ;warna, gambar dan ice breaking
Apersepsi
hal ini
dapat dilakukan dengan;
- scene setting (berhubungan materi pembelajaran)
,
- motivasi (debad, tak harus
sesuai materi pembelajaran),
- Student Center Learning
- engagement
- do it
- feedback
Dokumentasi
yang
termasuk dalam kegiatan dokumentasi adalah merekam. publikasi dan apresiasi.
PJJ ini
tidak boleh membosankan tapi harus menyenangkan seperti pada saat pembelajaran
tatap muka, maka melalui sharing session pada aplikasi zoom yang diadakan oleh
AISEI menghadirkan pemateri Munif Chatib, M.Pd. memaparkan rahasia mengajar
yang menyenangkan di era PJJ.
Parodi
Kegiatan ini
cocok dilakukan dengan jika tujuan pembelajaran adalah mengingat (remember)
Adapun
langkah-langkahnya sebagai berikut
- konsep pembelajaran diubah
menjadi lirik lagu
- mudah diingat
- parodi dapat dibuat oleh guru
maupun siswa
- untuk semua jenjang pendidikan
Mind Mapping
kegiatan ini
cocok dilakukan dengan tujuan pembelajaran adalah mengingat (remember)
adapun
langkah-langkahnya sebagai berikut :
- pemahaman konsep melalui gambar
mind mapping, gambar yang sesuai dengan kerja otak
- mind mapping terdiri dari kata
kunci dan icon-icon
- untuk semua jenjang pendidikan
Vlog
Presentasi
kegiatan ini
cocok untuk tujuan memahami (understanding)
- siswa melakukan presentasi
materi pelajaran dengan berbagai cara dan direkam dalam bentuk video
- presentasi dapat langsung
maupun menggunakan media
- untuk semua jenjang pendidikan
Feedback
Mengganti
tugas kognitif dengan feedback , yaitu ;
- bertanya tentang materi apa
yang dipelajari
- bertanya tentang apa saja yang
belum di pahami, lalu memberi tahu
- bertanya tentang apa saja yang
sudah dipahami, lalu cek pemahaman tersebut.
- berceritalah tentang manfaat
setiap materi dalam kehidupan sehari-hari.
inilah
rahasia sukses belajar menyenangkan di era PJJ. Semoga bapak/ibu guru
senantiasa diberikan kesehatan dalam melakasanakan tugas di era PJJ .Siswa
dapat bersekolah tatap muka kembali, pasti sanngat menyenangkan. Namun sekarang
tetaplah beesabar dan berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita dapat
melakasanakan aktvitas kita seperti biasa.
Guru IPS SMPN 23 Simbang , Kabupaten Maros . Sulawesi Selatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar