Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan perdagangan internasional
2. Peserta didik dapat menjelaskan istilah istilah yang berkaitan dengan perdagangan internasional
3. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
4. Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional
Materi :
Kegiatan menurunkan barang di pelabuhan yang berasal dari negara lain merupakan kegiatan perdagangan internasional. Tidak ada satu negara di dunia yang dapat menghasilkan seluruh kebutuhannya sendiri. Negara maju sekalipun seperti Amerika Serikat tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Amerika tidak dapat memproduksi minyak, sehingga mereka membeli minyak dari Timur Tengah, begitupun sebaliknya negara Timur Tengah membutuhkan barang dari negara lain.
Perdagangan antar negara terdapat barang barang keluar dan masuk dari satu negara ke negara lain., artinya negara yang kelebihan barang akan mengirimkan barangnya ke negara lain. sehingga muncul beberapa istilah yang pelu anak anak pahami dalam pembelajaran ini.
1. Ekspor adalah mengirimkan atau menjual barang ke negara lain
2. Impor adalah masuknya barang dari negara lain
3. Eksportir adalah negara pelaku ekspor
4. Importir adalah negara pelaku impor.
Dalam perdagangan antar negara terdapat arus barang keluar dan arus barang masuk. Secara tidak langsung dalam perdagangan antarnegara terjadi tukar-menukar barang antarnegara.
Perdagangan Internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba.
Terdapat perbedaan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional
Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional
1. Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara
2. perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia
3. perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi
4. perbedaan budaya suatu bangsa
5. perbedaan harga barang
6. perbedaan upah dan biaya produksi
7. perbedaan selera.
Sirma Hapsari
BalasHapus