Senin, 01 Februari 2021

Wisata Kampung Karst Rammang - Rammang ( Menulis Wisata Part 1)

 

KAMPUNG KARST RAMMANG RAMMANG KAB. MAROS

Amiruddin, S.Pd.



Kampung Karst Rammang-Rammang terletak di Rammang-Rammang Maros di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Lokasinya sekitar 40 km di sebelah utara Kota Makassar. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita harus melewati Sungai Pute dengan menggunakan perahu.  Bisa dari dermaga satu maupun dermaga dua Rammang-Rammang, karena posisinya terletak di antara dua dermaga itu.


Sepanjang perjalanan menggunakan perahu dan menyusuri sungai kita akan di suguhi keindahan pemandangan gunung karst dan pohon nipah di sepanjang pinggir sungai. Dalam perjalanan kita akan melewati celah batu yang sangat eksotis.



Istilah Rammang-Rammang adalah istilah yang berasal dari bahasa Makassar yang berarti adalah awan atau kabut. Penyebutan istilah tersebut diduga kuat merujuk pada kondisi alam, dimana biasanya pada pagi hari kawasan tersebut selalu diselimuti awan dan terkadang kabut tebal. Rammang-Rammang merupakan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia khususnya Kabupaten Maros dari sekian banyak tempat keren lainnya. Baik dari kondisi di sekitar hingga tempat wisatanya yang masih terjaga. Bahkan tak sedikit yang datang untuk menikmati pemandangan dan melepas penat di tempat ini.



Tempat wisata Rammang-Rammang merupakan kawasan gugusan pegunungan kapur atau karst di Maros. Ada keindahan pegunungan karst yang cukup luas dengan adanya sungai dan area sawah yang cantik dan ada di sekitarnya. Bagi yang suka berburu foto indah tentu di sinilah tempatnya. Rammang-Rammang Maros diketahui memang terbentuk sejak lama yakni sekitar 30 juta tahun yang lalu. Tetapi di kawasan ini memang diperkirakan baru mulai dihuni manusia dengan 40 ribu tahun lalu. Jejak manusia di masa lalu itulah yang sampai saat ini masih bias dinikmati oleh para pengunjung melalui tulisan tangan ataupun simbol yang ada di dinding gunung.





Kita bisa menikmati pesona dari Telaga Taman Bidadari. Untuk mencapai Telaga Taman Bidadari kita melewati bebatuan kapur terlebih dahulu karena tempat dari TelagaTaman Bidadari ini berada di tengah-tengah pegunungan kapur. Objek wisata ini bias dibilang merupakan objek wisata ekstrem yang ditemukan dengan susah payah. Sementara untuk air dari Telaga Taman Bidadari ini asalnya dari celah batu kapur yang merupakan air tawar.


Gua Bulu Barakka yang letaknya juga tak jauh dari kawasan Hutan Taman Batu Kapur Rammang-Rammang. Sementara dalam bahasa Bugis, bulu berarti gunung dan barakka berarti berkah dari Yang Maha Kuasa. Di gua ini kita bisa menemukan arkeologi yang berupa cap tangan dan dipercaya merupakan cap tangan dari manusia purba yang hidup kurang lebih beribu tahun silam.

Gua Telapak Tangan satu jalur dengan Telaga Taman Bidadari yang kurang lebih jaraknya adalah 2 km dengan berjalan kaki. Di gua ini ada peninggalan arkeologi yang bisa Anda temukan berupa telapak tangan manusia purba, gambar binatang dan gambar perahu yang dihasilkan oleh manusia purba.

Gua Pasaung, gua ini merupakan gua yang ketiga dan berada di Desa Berua. Ada juga yang member nama sabung karena dulunya memang digunakan untuk melakukan tradisi atau hiburan yang berupa sabung ayam.



Kampung Berua ,Di dalam kawasan ada perkampungan yang di diami warga namanya Kampung Berua. Di kampung ini kita bias menemukan adanya pemandangan sawah yang asri dan menghijau dan masyarakatnya yang ramah. Ada pantulan pemandangan cermin yang begitu indah dan eksotis. Kampung Berua Maros, sebuah perkampungan yang di kelilingi gunung-gunung karst yang sangat unik menjulang tinggi dengan hutan tropis di sekelilingnya. Konon kabarnya, daerah ini merupakan tempat persembunyian para pejuang bangsa yang berada di sekitar Maros dan Pangkep Takkala.

Padang Ammarung adalah sebuah spot di atas bukit, dimana pengunjung bias melihat view Kampung Berua dari atas ketinggian. Spot ini menyajikan pemandangan sangat indah dari atas bukit. Untuk sampai kesini juga lumayan jauh jalannya.Pengunjung tinggal jalan lurus saja menyusuri pematang sawah dan tambak-tambak ikan, kemudian menyeberang jembatan kayu di atas aliran Sungai Pute. Kemudian memanjat bukit-bukit berbatu keabu-abuan, hingga tiba di puncak bukitnya.



34 komentar:

  1. Waah mntuL nih. Selalu aktif, kreatif dan produktif menulis. Terimakasih telah mnginspirasi. Good job. Lnjtkan 🙏👍

    BalasHapus
  2. wah, bikin pengen jalan-jalan. sayang masih pandemi

    BalasHapus
  3. Sudah 2 kali pergi baru kali ini mau berkunjung ke Rammang tapi masa pandemi covid19 : Terimakasih: wahyu9c

    BalasHapus
  4. Muliyati 9C
    Sebagai warga Maros kita patut bangga karena mempunyai tempat wisata yang begitu sangat indah dan sangat menarik perhatian setiap orang dengan keindahannya..
    Setelah membaca blog ini saya merasa sangat ingin berkunjung ke Wisata Rammang-rammang Maros saya merasa penasaran bagaimana wujud asli Telaga Taman Bidadari,Gua Telapak tangan Manusia,Gua pasaing, Padang ammarung dan sebagainya yang katanya memiliki banyak keunikan. .

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Aulia Ardi 9C
    Maa Syaa Allah 😍
    Wisata yang sangat indah, walaupun saya belum pernah ke sana tetapi dengan melihat keindahannya melalui gamabar saja sudah terasa sangat takjub.
    Maa Syaa Allah.. begitu besar kuasa Allah SWT. saya jadi ingin Berkunjung ke Wisata di kampung Karts Rammang-rammang 🤭

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah kesana tetapi setelah membaca dan melihat gambarnya saja itu sangatlah menarik pesonan alam yang sangat indah bersih dan lestari pegunungan ² yang sedikit ekstrim membuat banyak orang semakin tertarik ingin berkunjung karna ingin mendapat pengalaman tentang berkunjung diwisata kampung karts Rammang-rammang
    Nilmawati 9C

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah ke sana tetapi setelah sy menbaca teks di atas tersebut sy ingin sekali berkunjung ke sana untuk melihat suasana aslinya tetapi waktu ini belum dapat kesana karena pandemiii covid 19
    Eka Putri nur 9c

    BalasHapus
  9. Saya Belum pernah ke sana tapi setelah membaca dan melihat gambar yang ada rasanya ingin berkunjung

    Nurhalisah 9C

    BalasHapus
  10. Saya tidak pernah ke sana tapi Setelah membaca blog ini saya begitu tertarik melihat Wisata yang sangat indah dan unik ini

    BalasHapus
  11. Dengan membaca cerita di atas tadi membuat saya sadar bahwa daerah kita sendiri juga memiliki tempat wisata yg indah dan tdk kalah dengan tempat wisata di luar negri.Mari menjaga dan membuat kenyamanan pada tempat wisata lokal kita agar tempat para leluhur kita dahulu tetap indah,nyaman dan dapat menarik pengunjung dari berbagai kota.semoga pandemi ini cepat berakhir agar kita dapat ke sana bersama - sama.

    BalasHapus
  12. Dengan membaca cerita di atas tadi membuat saya sadar bahwa daerah kita sendiri juga memiliki tempat wisata yg indah dan tdk kalah dengan tempat wisata di luar negri.Mari menjaga dan membuat kenyamanan pada tempat wisata lokal kita agar tempat para leluhur kita dahulu tetap indah,nyaman dan dapat menarik pengunjung dari berbagai kota.semoga pandemi ini cepat berakhir agar kita dapat ke sana bersama - sama.

    BalasHapus
  13. Waww indonesia memang kaya akan wisata alamnya,berbagai taman wisata yang dapat kita jumpai di berbagai daerah di indonesia, dan untuk kita warga maros kita sangat beruntung karena di kabupaten tempat tinggal kita ini terdapat obyek wisata yang pemandangannya sangat eksotis yang bernama Obyek Wisata Kampung Rammang-Rammang,di Kampung Rammang-Rammang tersebut banyak sekali hal hal yang dapat kita jumpai,mulai daerah pemandangan yang indah, sampe kita dapat mengunjungi kampung kampung yang di tinggal oleh masyarakat.Saya sudah tidak sabar ingin mengunjungi Wisata Kampung Rammang-Rammang setelah virus Covid-19 sudah hilang.

    Putri Mutiara Sari 9D

    BalasHapus
  14. Dengan melihat cerita ini sya sangat tertarik karna di daerah kita sendiri juga memiliki tempat wisata yang indah dan di kunjungi banyak orng dan tempatnya sangat unik dan indah dan sya ingin sekali dan tdk sabar untuk mengunjungi wisata rammang-rammang semoga covid-19 hilang dan kita bsa berkunjung ke kampung rammang-rammang.

    Pratiwi 9D

    BalasHapus
  15. Saya memang belum pernah kesana namun dengan membaca blog di atas membuat saya sadar bahwa didaerah kita penuh dengan kekayaan alam.dan dengan wisata yang sangat indah itu membuat semua orang tertarik ke sana,semoga pandemi cepat berlalu agar kita dapat ke sana.

    BalasHapus
  16. Dengan mwmbaca cerita di atas sy dapat menyimpulkan bahwa ternyata di karst rammang-rammang yg terletak di Rammang-rammang Maros di desa selenrang, kecamatan bontoa kabupaten Marosi itu memiliki banyak tempat-tempat dan pemandangan yg sangat indah dan menakjudkan hati oara pengunjung. Seperti telaga taman bidadari,gua bulu barakka, gua telapak tangan, gua pasaung dan kampung berua.
    Dan dengan membaca cerita di atas sy berfikir bahwa ternyata di kota kita ini juga memiliki banyak tempat" yg sangat indah yg tiada duanya. Sehingga memikat hati para pembaca untuk berkunjung ke sana termasuk saya.

    Sekian dari saya..
    Nama : Rahayu. A
    Kelas : 9D
    {Terima kasih}

    BalasHapus
  17. sebagai warga maros kita patutnya bangga dengan keindahan alam yang dimiliki kota kita dan berterima kasih pada alam yg indah ini, maka mesti kita sebagai manusia yang baik menjaga dan melestarikan keindahan alam yang kita miliki agar terus terpancar kan keindahannya, jika kita menjaga alam dengan baik maka alam juga memberikan kita yang lebih baik lagi, semoga keindahan yang kita miliki selalu terjaga dan indah.

    Andini Nurul Iftita 9D

    BalasHapus
  18. Setelah membaca blog ini saya ingin berkunjung ke Wisata Kampung KARST Rammang-rammang Maros, saya penasaran dengan keindahan alam disana dan wujud asli dari Telaga Taman Bidadari, Gua Telapak Tangan Manusia, Gua Pasaing, Padang Ammarung dan sebagainya yang dimana memiliki sejarah dan keunikan tersendiri.

    Nama : Hikma Sulistiyanti
    Kelas : IX B

    BalasHapus
  19. Sebagai warga maros kita patutnya bangga dengan keindahan alam yang dimiliki kota kita dan berterima kasih pada alam yg indah ini, maka mesti kita sebagai manusia yang baik menjaga dan melestarikan keindahan alam yang kita miliki agar terus terpancar kan keindahannya, jika kita menjaga alam dengan baik maka alam juga memberikan kita yang lebih baik lagi, semoga keindahan yang kita miliki selalu terjaga dan indah.

    Sri Rahayu9B

    BalasHapus
  20. Setelah Membaca Cerita wisata Rammang-rammang Yg ada Di Atas,Saya Serasa Ingin Berkunjung Lagi Ke sna,Sy Sangat Menikmati Pemandangan Nya Yg Sangat Indah,Dan Di Sn Juga byk Sejarah² Dan Bentuk² Benda Yg Unik,Dan sangt Byk di Kunjungi.
    Dan Semoga Pendemi Ini segera Berakhir Dan bisa Lgi Berkunjung DI sn 😍😍

    BalasHapus
  21. Waaa....Setelah membaca cerita wisata rammang -rammang yang ada pada bacaan teks di atas saya merasa ingin berkunjung lagi ke sana,melihat keindahan yang ada di tempat tersebut dan sebagai warga maros kita patut bangga dengan keindahan alam yang ada di kota kita ini yang sangat indah seperti pada wisata kampung rammang rammang yang begitu mempesona yang terdiri dari telaga taman bidadari ,gua bulu barakkah ,gua telapak tangan , gua pasaung , kampung berua , padang ammarung ,dan semoga keindahan alam terus terjaga dengan baik
    Serta keunikan alam yang selalu terjaga oleh kita semua,
    Dan semoga pademi bisa segera berakhir dan kita semua bisa berkunjung ke daerah rammang-rammang tersebut dam melihat keindahan dan menikmati indahnya ,wisata tersebut.


    ROSDIANA 9B

    BalasHapus
  22. Waaa....Setelah membaca cerita wisata rammang -rammang yang ada pada bacaan teks di atas saya merasa ingin berkunjung lagi ke sana,melihat keindahan yang ada di tempat tersebut dan sebagai warga maros kita patut bangga dengan keindahan alam yang ada di kota kita ini yang sangat indah seperti pada wisata kampung rammang rammang yang begitu mempesona yang terdiri dari telaga taman bidadari ,gua bulu barakkah ,gua telapak tangan , gua pasaung , kampung berua , padang ammarung ,dan semoga keindahan alam terus terjaga dengan baik
    Serta keunikan alam yang selalu terjaga oleh kita semua,
    Dan semoga pademi bisa segera berakhir dan kita semua bisa berkunjung ke daerah rammang-rammang tersebut dam melihat keindahan dan menikmati indahnya ,wisata tersebut.


    ROSDIANA 9B

    BalasHapus
  23. Waaa....Setelah membaca cerita wisata rammang -rammang yang ada pada bacaan teks di atas saya merasa ingin berkunjung lagi ke sana,melihat keindahan yang ada di tempat tersebut dan sebagai warga maros kita patut bangga dengan keindahan alam yang ada di kota kita ini yang sangat indah seperti pada wisata kampung rammang rammang yang begitu mempesona yang terdiri dari telaga taman bidadari ,gua bulu barakkah ,gua telapak tangan , gua pasaung , kampung berua , padang ammarung ,dan semoga keindahan alam terus terjaga dengan baik
    Serta keunikan alam yang selalu terjaga oleh kita semua,
    Dan semoga pademi bisa segera berakhir dan kita semua bisa berkunjung ke daerah rammang-rammang tersebut dam melihat keindahan dan menikmati indahnya ,wisata tersebut.


    ROSDIANA 9B

    BalasHapus
  24. Setelah saya membaca cerita diatas saya langsung ingin sekali berkunjung ke sana untuk melihat suasana rammang rammang lagi,melihat keindahan yg ada
    di rammang" sebagai warga kota maros saya sangat senang karena pernah kesana ,dengan keindahan seperti telaga taman bidadari,gua bulu barakkah,gua bulu telapak tangan,gua pasaung kampung berua,padang ammarung,dan semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga bisa dapat kesana lagi kewisata tersebut.

    Nama:HASTIRA
    kelas:9B
    mapel:ips

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya tidak pernah kerammang-rammang tapi setelah saya membaca cerita wisata rammang rammang diatas saya tertarik untuk kesana karna keindahan sangat baik dan unik, dan terdapat Gua Pasaung, gua telapak tangan, gua bulu Barakallah, dan sebagainya yang dimana memiliki sejarah dan keunikan tersendiri.semoga pendemi ini bisa segera berakhir dan bisa kesana untuk melihat pemandangan sangat indah dan unik.

    Nama:Reni renata
    kelas:IX.B
    Mapel:Ips

    BalasHapus
  27. Saya tidak pernah kerammang-rammang tapi setelah saya membaca cerita wisata rammang rammang diatas saya tertarik untuk kesana karna keindahan sangat baik dan unik, dan terdapat Gua Pasaung, gua telapak tangan, gua bulu Barakallah, dan sebagainya yang dimana memiliki sejarah dan keunikan tersendiri.semoga pendemi ini bisa segera berakhir dan bisa kesana untuk melihat pemandangan sangat indah dan unik.

    Nama:Reni renata
    kelas:IX.B
    Mapel:Ips

    BalasHapus

Geliat Guru Maros dalam memperingati HGN ke 76 Tingkat Kabupaten Maros

HGN 76 Tingkat Kabupaten Maros Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional yang ke 76 yang jatuh pada tanggal 25 November 2021,...