Kamis, 11 Februari 2021

SUPERVISI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 

SUPERVISI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH




Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Tridharma MKGR Maros dilaksanakan secara daring dan luring.  Pembelajaran secara daring dilaksanakan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang dipergunakan oleh guru sesuai dengan kesepakatan dengan siswa, seperti whatshaap grup, telegram dan google clasroom. Untuk mata pelajaran produktif dapat dilakukan secara luring atau tatap muka di sekolah dengan tetap memeperhatikan protokol kesehatan.

Sebagai wakasek kurikulum di SMK Tridharma MKGR Maros, saya menjadwalkan untuk pelaksanaan supervisi pembelajaran . Setiap guru mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan supervisi dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran (pra supervisi) dengan mengisi formulir yang telah disiapkan. Selanjutnya dilakukan supervisi kegiatan pembelajaran dengan memasuki grup whatshaap atau google classroom. Guru memilih jadwal sesuai dengan kesiapannya di rentang tanggal 8 – 13 Februari 2021.

Mengapa supervisi perlu dilakukan ?

Keberhasilan sebuah program dapat tercapai secara maksimal bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi.

Dari titik pangkal inilah diperlukan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terlebih dalam proses pembelajaran. Supervisi merupakan suatu layanan dari atasan kepada bawahan dengan memberikan pengarahan guna mengembangkan kinerja menjadi lebih baik.  Kegiatan supervisi disebut pula sebagai kegiatan mengawasi atau pengawasan.

Supervisi pembelajaran adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Supervisi pembelajaran tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Esensi supervisi pembelajaran sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. Melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugasnya.

 

Dalam rangka melaksanakan kegiatan supervisi pembelajaran lazimya dilakukan oleh kepala sekolah dan atau pengawas sekolah atau menugaskan guru untuk melakukan supervisi. Supervisi merupakan layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif yang dilakukan melalui antara lain, pemberian contoh, diskusi, konsultasi, atau pelatihan

Pelaksanaan Supervisi memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut:

Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru (dan staf sekolah yang lain) agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas, yaitu melaksanakan proses pembelajaran.

 

Tujuan Khusus Supervisi

Secara khusus supervisi bertujuan untuk meningkatkan;

1.       Kinerja siswa sekolah dalam perannya sebagai peserta didik yang belajar dengan semangat tinggi, agar dapat mencapai prestasi belajar secara optimal.

2.       Mutu kinerja guru sehingga berhasil membantu dan membimbing siswa mencapai prestasi belajar yang diharapkan.

3.       Keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik di dalam proses pembelajaran di sekolah. serta mendukung dimilikinya kemampuan pada diri lulusan sesuai dengan tujuan lembaga.

4.       Efektifitas dan efisiensi sarana prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan belajar siswa.

5.       Mutu pengelolaan sekolah, khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kinerja yang optimal. yang selanjutnya siswa dapat mencapai prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan.

6.       Kualitas situasi umum sekolah sedemikian rupa sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram serta kondusif. bagi kehidupan sekolah pada umumnya, khususnya pada kualitas pembelajaran yang menunjukkan keberhasilan lulusan.

Sedangkan manfaat supervisi antara lain:

1.       Sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan

2.       Merupakan pemicu atau penggerak terjadinya perubahan pada unsur-unsur yan terkait dengan pendidikan

3.       Sebagai kegiatan dalam hal memimpin dan membimbing

Berdasarkan uraian diatas jadi bapak ibu guru jangan menjadi beban jika di supervisi sebab supervisi adalah upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi sebagai guru. Setelah dilaksanakan supervisi perlu ada tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi dari supervisi tersebut.

 

Maros, 9 Februari 2021

Amiruddin, S.Pd.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Geliat Guru Maros dalam memperingati HGN ke 76 Tingkat Kabupaten Maros

HGN 76 Tingkat Kabupaten Maros Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional yang ke 76 yang jatuh pada tanggal 25 November 2021,...