Namin AB Ibnu Solihin , founder motivatorpendidikan.com
Berbicara mengenai public speaking beliau adalah pakarnya apalagi dipandu langsung oleh Om Jay. materi malam ini pasti sangat menarik.
Pada dasarnya semua profesi membutuhkan public speaking. Mengapa?
Kemampuan public speaking wajib kita miliki jika kita berkeinginan menjadi pribadi di atas rata-rata apalagi ketika kita ingin naik kelas.
diilustrasikan jika disajikan 2 makanan yang 1 penataannya biasa biasa saja namun pelayannanya dan penyajinya menggunakan kata kata yang bagus. sedangkan yang satunya lagi penataannya sangat bagus, mewah namun pelayannanya tidak memuaskan, maka tentu kita akan memilih makanan yang sederhana.
Keterampilan berkomunikasi pada dasarnya terbagi atas 3 yang perlu kita miliki, yaitu :
1. Keterampilan komunikasi tulisan
2. Keterampilan komunikasi Lisan
3. Keterampilan komunikasi Non verbal (body Language)
Ada 10 keterampilan komunikasi agar komunikasi kita berhasil :
1. Percaya diri
2. Ramah
3. Kejelasan dan Keringkasan
4. Body Language(Bahasa Tubuh)
5. Mendengar
6. Empati
7. Berpikir terbuka
8. Saling menghargai
9. Memberikan feedback
10 Memilih medium yang tepat
Ada beberapa hal yang mempengaruhi efektivitas komunikasi, yaitu body language 50%, intonasi suara 40 % dan kata sebesar 10 %.
Jadi kalau kita perhatikan body language sangat penting.
Selanjutnya pemateri menguraikan alasan kenapa bicara itu penting.
karena dengan berbicara kita menyampaikan ide dan gagasan , memotivasi tim kerja, mengkader orang lain, menjelaskan kebijakan organisasi, menjelaskan SOP dan membangun budaya kerja.
Jika kita memiliki keterampilan berbicara yang bagus maka, apa yang akan kita sampaikan akan berhasil sesuai dengan tujuan yang kita harapkan.
Bagaimana cara mengurangi grogi dalam berbicara , apalagi di depan umum?
1. Latihan di rumah
2. Datang sebelum acara
3. Pahami materi
4. Buat catatan ringkas
5. Kenali panggung, ruangan dan audience
6. Baca Basmallah dan berdoa.
Dalam melakukan presentasi, bagaimana kita mengetahui kalau presentasi kita itu tidak menarik bagi audience ?
Kita perlu melihat sikap audience :
1. Mulai gaduh/berisik
2. Menguap
3. Sibuk dengan gadget
4. Sibuk ngobrol
5. Banyak yang izin ke toilet
6. Tidak fokus
Jika hal itu terjadi kita harus segera merubah strategi kita agar audisence tetap fokus.
Akhir dari tulisan ini dan merupakan rahasia sukses dari publik speaking adalah
"Pengalaman dan pengamalan adalah kunci kesuksesan dalam berbicara.
Bagus dan selamat sudah menyelesaikan resume tadi malam
BalasHapusBagus sekali bapak.. Dari tulisan bapaksaya mengetahui cara melalui hat situasi dan saat kondisi gaduh atau tidak tertib krn hal ini sering dialami oleh dan mungkin semua orang dr tulisan bapak saya bisa mengarur strategi mengatasi situasi tersebut.. Sukses bapak..
BalasHapusTerima kasih atas kunjungan dan komentarnya
BalasHapus